Table of Content

Ternyata Logo Starbucks Menyimpan Sejarah Ini

Nama putri duyung dalam logo Starbucks tersebut adalah Siren yang konon dalam ceritanya sering menampakkan diri permukaan laut untuk menggoda para

Saat ini agaknya mustahil untuk tidak mengenal kopi shop yang bernama Starbucks ini. Seolah-olah di seluruh penjuru dunia mengetahui brand yang sangat populer ini. Sehingga banyak orang-orang berdatangan ke kedainya hanya sebatas memamerkan logo starbucks tersebut karena harganya yang cukup mahal.

Logo Starbucks
Logo Starbucks

Tentu, sekalipun banyak yang membeli produk kopinya sembari pamer, tak banyak yang mengetahui makna dibalik logo Starbucks itu sendiri. Tentu bicara soal logo, jenis logo Starbucks sendiri menjadi simbol atau identitas dari sebuah perusahaan.

Banyak yang berpikir bahwa ilustrasi wanita dalam logo Starbucks tersebut diartikan sebagai ratu yang bermakna bahwa produknya mampu menguasai dunia sebagaimana seorang ratu di suatu kerajaan. Ternyata arti logo ini bukanlah demikian. Berikut kami rangkum cerita serta sejarah dibalik logo yang populer ini. Yuk simak pembahasannya di sini!

Arti Logo Starbucks

Arti Logo Starbucks
Arti Logo Starbucks

Dalam memasarkan produknya, sebuah perusahaan wajib untuk membuat brandnya dikenal oleh khalayak umum, sehingga setiap perusahaan berlomba-lomba membuat logo dengan prinsip-prinsip desain yang telah berlaku dengan memasukkan elemen-elemen seperti simbol, filosofi, makna, serta arti yang mewakili identitas perusahaan.

Dalam elemen logo terdapat banyak elemen menyimpan sebuah sebuah harapan dari perusahaan tersebut mulai dari bentuk, jenis, serta warna yang terkandung dalam logo tersebut. Jadi kami akan membahas mulai dari ilustrasi dalam logo Starbucks hingga filosofi warna didalamnya.

Logo perusahaan kopi terbesar itu sendiri telah berevolusi dari waktu ke waktu, sehingga penting untuk kamu mengetahui logo Starbucks dari masa ke masa agar memperluas pengetahuan kita tentang brand yang satu ini.

Logo Starbucks dibalik Kisah Putri Duyung Yunani

Ilustrasi kisah dibalik logo Starbucks
Ilustrasi kisah dibalik logo Starbucks 

Terdapat beberapa sumber yang menyatakan bahwa ilustrasi dalam logo Starbucks menggunakan ilustrasi dari sosok makhluk mitologi yang berasal dari Yunani. Makhluk tersebut berwujud seperti putri duyung yang begitu cantik.

Nama putri duyung dalam logo kopi ini adalah Siren yang konon dalam ceritanya sering menampakkan diri permukaan laut untuk menggoda para pelaut yang sedang berlayar.

1. Siren dalam Logo Starbucks

Ilustrasi dibuat oleh Mélusine karya Jean d’Arras, seniman asal Perancis di abad ke-19

Siren sebagai putri duyung yang cantik itu juga dikenal sebagai makhluk yang memiliki suara merdu. Kelebihan itulah yang membuat para pelaut tergoda hingga menggiring mereka pada sebuah pulau di tengah sekitar lautan pasifik.

Siren yang merupakan sosok berwujud setengah manusia dan setengah ikan ini begitu mempesona, hingga tak ada yang sanggup menolak godaannya. Menurut cerita, Sosok dalam logo Starbucks ini membuat para pelaut lupa akan tujuannya.

Selain itu, suara merdunya yang khas tersebut mampu menarik perhatian para pelaut agar menuruti kemauannya, terlena melihat sosoknya hingga mengikuti kemanapun dia pergi.

Begitu juga dengan kedai kopi milik Starbucks sendiri. Seolah dengan ilustrasi Siren sang putri duyung dalam logo ini membuat para pengunjung terlena, menikmati kopinya, bersantai hingga tanpa sadar telah membuang waktunya untuk menikmati setiap seduhan kopi miliknya.

Begitulah tujuan dari perusahaan Starbucks memakai ilustrasi putri duyung dalam logonya untuk menarik perhatian konsumen yang ternyata sukses. Bahkan sampai dengan saat ini logonya menjadi elemen brand yang sangat terkenal dari perusahan tersebut hingga dijadikan ajang pamer.

2. Kisah Seram dibalik Wujud Siren dalam Logo Starbucks

Ilustrasi gambar Ulysses and the Sirens (Ulysses dan Para Siren) dibuat oleh Herbert James Draper, 1909

Selain kisah Siren sebagai putri duyung yang sangat cantik dengan kelebihan suara merdunya yang memikat hati para pelaut, ternyata ada beberapa sumber yang mengisahkan Siren sebagai sosok yang seram loh!

Dibalik wujud cantik dan suaranya yang merdu, ternyata dia adalah sosok putri duyung psikopat yang kerap dihubung-hubungkan dengan kejadian hilangnya beberapa pelaut bahkan juga diceritakan sebagai penyebab dari kematian para pelaut.

Logo dengan sosok Siren ini kerap diartikan sebagai simbol dari keobsesian sebuah perusahaan agar terlena dengan produknya dan menjadi candu tersendiri bagi para pelanggannya.

Kedai Starbucks tahun 1912
Gambar Kedai Starbucks tahun 1912

Wujud siren dalam logo perusahaan kopi ini dijadikan pilihan karena misi utamanya adalah mencari tema sehingga mewakili semangat seattle sejalan dengan tempat pertama didirikannya Starbucks yang berlokasi di Seattle. Seattle sendiri terkenal dengan pelayanannya di lautan lepas pada masa-masa ribuan tahun lalu.

Saat Siren mengeluarkan suara merdunya dengan bernyanyi dan menggoda para pelaut, pelaut pun tidak bisa lepas dari godaan sang putri duyung. Pendengarannya seolah tertutup dan tuli hingga terhipnotis dan membawanya ke ujung maut. Entah karena ombak yang menggulung mereka ke dasar laut atau menabrak kapalnya ke batuan karang.

Sehingga menyimpulkan bahwa kisah dari putri duyung tersebut mengartikan bahwa arti logo Starbucks tersebut sama halnya seperti Siren. Menjadikan Starbucks sebagai pemikat yang handal bagi para pelanggannya hingga terobsesi pada setiap kopi yang mereka buat.

Makna Warna Logo Starbucks

Warna Logo Starbucks
Warna Logo Starbucks

Setelah mengetahui dari ilustrasi logonya, terdapat elemen lain yang perlu kamu ketahui yaitu warna yang dominan dari logo Starbucks itu sendiri. Warna dalam logonya pun mengalami evolusi dari waktu ke waktu. Berikut penjelasannya:

1. Warna Coklat pada Logo Starbucks

Sebelum logo Starbucks berwarna hijau seperti yang kamu ketahui, awal perintisan logo pada tahun 1971 silam, menggunakan warna coklat dalam logonya. Warna coklat tersebut memiliki arti yang hangat, aman, nyaman, kuat, dan dapat diandalkan.

Selain itu memberikan kesan yang mahal pada brand Starbucks tersebut. Namun penggunaan warna tersebut tidak bertahan lama sebelum akhirnya berubah wujud menjadi warna hijau.

2. Warna Hijau pada Logo Starbucks

Setelah 16 tahun pendirian Starbucks, perusahan merevolusi logonya dengan perubahan wujud serta warna yang jauh berseberangan dengan sebelumnya, dari warna coklat menjadi warna hijau.

Warna hijau tersebut bermakna sebagai simbol dari sebuah pertumbuhan. Harapan yang dituangkan dari perubahan warna logo tersebut ternyata memberikan dampak yang bagus bagi perusahaan. 

Bibit-bibit kesuksesan pun mulai dirasakan oleh Starbucks beberapa saat kemudian hingga memiliki banyak cabang di berbagai negara. Begitu berdampaknya perubahan logo, membuatnya berevolusi dari masa ke masa. Simak di bawah ini perubahannya.

Sejarah Logo Starbucks dari Masa ke Masa

Evolusi logo Starbucks dari masa ke masa

Sejak perusahaannya didirikan di Seattle, pemilik perusahaan mendapatkan inspirasi dari sejarah maritim di kota tersebut pada saat membuat logonya. Logo itu dari masa ke masa berubah seiring dengan perkembangan zaman dan harapan dari perusahaan tersebut. Berikut kami rangkum Logo Starbucks dari masa ke masa.

1. Logo Starbucks 1971

Logo Starbucks tahun 1971
Logo Starbucks tahun 1971

Pada tahun 1971 pendiri Starbucks memiliki visi agar nama kedainya tak terlupakan sebagai tempat kopi yang baru mereka dirikan. Dari beberapa pengetahuan yang mereka dapatkan, bahwa kata-kata yang berawal dari huruf “ST” memikat serta mudah diingat.

Mereka akhirnya sepakat memakai nama kota pertambangan “Starbo” yang mereka temukan di peta. Dan kemudian mereka plesetkan menjadi nama Starbucks.

Starbucks adalah nama salah satu karakter dalam kisah maritim klasik Herman Melville, Moby-Dick. Terinspirasi dari situ, serta tujuan mereka menjual biji kopi, teh, dan rempah-rempah di seluruh dunia, baginya masuk akal jika dihubungkan dengan tradisi pelayanan para pedagang kopi awal.

Desainer logo, Terry Heckler membuat bentuk logo dengan ilustrasi putri duyung  tersebut terinspirasi dari potongan kayu Norse yang berasal dari sirine dua sisi pada abad ke-16.

Sebagaimana cerita diatas, Sirine/Siren ini akan memikat para pelaut untuk menabrakkan kapal mereka karena terkesima. Begitu pula Starbucks diharapkan akan melakukan hal yang sama untuk memikat para pelanggannya.

2. Tahun 1987

Logo Starbucks tahun 1987
Logo Starbucks tahun 1987

Pada tahun 1987, perubahan mulai terjadi. Perusahaan tersebut telah beralih kepemilikan menjadi milik Howard Schultz. Perubahan kepemilikan tersebut berdampak pula pada logo perusahaan. Ia mendesain ulang logo itu dan mempercayainya pada desainer awal, yaitu Terry Heckler.

Menambah inspirasi dari pelabuhan Seattle, Heckler memasukkan unsur pertumbuhan dan kesuksesan dalam logo kedainya hingga membuat perubahan yang cukup signifikan pada logo tersebut.

Putri Duyung dalam maskot logo tersebut mengalami perubahan, payudara yang tergambar jelas menjadi tertutup, badannya menjadi lebih ramping, dan tetap mempertahankan mahkotanya.

Warna logo pun berubah drastis menjadi warna hijau, mewakili tujuan baru perusahaan. Kata “Tea” dan “Spices” pun juga dihilangkan. Sebagai ganti, dia membungkus keduanya menjadi kata baru yaitu Starbucks Coffee, dengan dua bintang yang menghubungkan kedua kata tersebut satu sama lain.

3. Tahun 1992

Logo Starbucks tahun 1992
Logo Starbucks tahun 1992

Perubahan logo Starbucks ketiga kalinya berubah di tahun 1992. Logo tersebut merubah maskot keunggulannya lebih menonjol ke depan, memberikan tampilan yang close up dan menciptakan rasa keintiman. 

Merubah logo tersebut tidak memperlihatkan kembali nuansa lautan dan kemaritimannya dengan tidak memperlihatkan ekor sang putri duyung.

Tipografi dalam logo Starbucks tersebut juga diperjelas dan dipertajam agar menciptakan nuansa yang lebih profesional serta lebih modern dan tampak lebih bersih.

4. Tahun 2011

Logo Starbucks tahun 2011 hingga sekarang
Logo Starbucks tahun 2011 hingga sekarang

Zaman mulai berkembang serta industri-industri mulai tumbuh. Muncul kesadaran akan pentingnya sebuah brand dan merek suatu perusahaan, Starbucks mulai merevolusi ulang logonya menjadi logo yang lebih simpel, lebih modern, dan bergaya minimalis.

Mereka mulai menghilangkan tanda kata, bintang, serta cincin luar pada bagian logo. Logo ini kini berfokus sepenuhnya pada maskot Siren, dan memperjelas wajah putri duyungnya dengan diberikan lekukan facelift. Mata, hidung, serta rambutnya mulai didesain ulang sehingga lebih simetris dan menonjolkan warna hijaunya yang ikonik.

Dengan perubahan logo Starbucks ini, perusahaan mencoba mengkomunikasikan kepada pelanggan bahwa hubungan antara Starbucks dengan konsumen di seluruh dunia kian makin memikat dan terhubung dengan erat satu sama lain. Dan logo inilah menjadi logo terakhir hingga saat ini belum tergantikan.

Sudah paham Arti, Sejarah, serta Evolusi Logo Starbucks dari Masa ke Masa?

Setelah mengetahui arti serta sejarah dibalik logo kedai kopi yang sangat populer ini, kini kamu tidak hanya tahu bagaimana sebuah brand Starbucks itu berproses dari awal hingga membuat pelanggannya memamerkan produknya. 

Terdapat beberapa prinsip-prinsip desain yang membuat kamu tercerahkan bahwa perubahan logo Starbucks dari masa ke masa tersebut menunjang sebuah perusahaan menjadi lebih besar dan sukses. Komen di bawah untuk sejarah logo terkenal lainnya!


Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar