Table of Content

9 Jenis Desain Grafis dan Contohnya yang Perlu Kamu Ketahui

setiap jenis desain grafis memiliki spesialisasi dan bentuk yang berbeda, namun dari semua spesialisasi tersebut memiliki satu tujuan yang sama

Tahukah kamu sebetulnya ada banyak jenis desain grafis yang tidak kamu ketahui sebelumnya?

Dengan berbagai komposisi visual, desain grafis mempunyai peran menuntaskan permasalahan serta mengkomunikasikan pesan agar tersampaikan. Desain Grafis mempunyai banyak peran sebagai bidang industri kreatif itu sendiri.

Jenis Desain Grafis
Jenis Desain Grafis

Hampir setiap bidang dalam desain grafis berguna dan sangat banyak membantu, sehingga banyak pelaku desainer grafis sering kali banyak disalah artikan dan dianggap semua hal yang berkaitan dengan desain grafis harus dimiliki oleh desainer grafis itu sendiri.

Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai desain grafis, dan juga contoh dari semua genre desain grafis tersebut.

9 Jenis Desain Grafis

9 Jenis Desain Grafis
9 Jenis Desain Grafis

Setiap jenis desain grafis memiliki spesialisasi dan bentuk yang berbeda, namun dari semua spesialisasi tersebut memiliki satu tujuan yang sama, yaitu berkomunikasi dan memberikan sebuah informasi kepada seseorang.

Ada desainer yang fokus pada salah satu jenis desain grafis, namun banyak yang fokus pada beberapa jenis karena masing-masing dari genre desain grafis tersebut saling tumpang tindih. Jadi, berikut 9 jenis desain grafis yang perlu kamu ketahui.

1. Desain Grafis Branding atau Visual Identity

Branding dan Visual Identity
Branding dan Visual Identity

Brand Identity atau Visual Identity merupakan salah satu jenis desain grafis yang memiliki peran menciptakan sebuah identitas dari suatu organisasi atau sebuah perusahaan tertentu.

Kebanyakan orang mengira spesialis branding atau visual identity hanya berfokus pada pembuatan logo saja, namun jauh dari itu, jenis ini berperan untuk menciptakan sebuah identitas yang mencakup palet warna, jenis gambar yang digunakan, pilihan tipografi, dan elemen jenis lainnya.

Penentuan tersebut yang nantinya menjadi dasar yang akan terus digunakan dan dibawa untuk memperkenalkan sebuah organisasi atau perusahaan dalam membentuk identitas dirinya, sehingga mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadi pembeda dari yang lain.

Baca Juga : Inilah 8 Jenis Logo dan Contohnya dalam sebuah Brand

2. Desain Grafis Marketing atau Advertising

Marketing atau Advertising
Marketing atau Advertising

Desain grafis marketing dan advertising adalah jenis yang berspesialis pada strategi promosi dan berfokus pada konsumen agar melakukan pembelian. 

Jenis desain grafis ini sering kali mempelajari psikologis perilaku untuk memahami perilaku konsumen pada saat pembelian. 

Beberapa hasil dari jenis desain grafis ini adalah iklan cetak seperti brosur, banner, reklame, dan iklan digital seperti grafis media sosial dan lainnya.

3. Desain Grafis UI dan Web Design

UI dan Web Design
UI dan Web Design

Desain UI dan Web Design adalah jenis desain yang bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi dan situs web. Selain memiliki pengetahuan tentang desain grafis, desainer grafis jenis ini juga harus memahami pengalaman pengguna dan dasar coding.

Banyak dari proyek jenis desain ini menghasilkan desain aplikasi seluler dan desktop, interface, situs web, landing page, dan web marketing.

4. Desain Grafis Publikasi

Publikasi
Publikasi

Sebelum ramainya digital, sebagian desainer berfokus pada desain cetak. Desan publikasi juga telah mampu bertransisi dengan bagus ke dunia digital. Memahami prinsip-prinsip dasar desain grafis yang baik sangat penting dalam ini.

Desain grafis jenis ini biasanya bekerja dengan editor, penerbit, fotografer, dan ilustrator. Beberapa proyek yang dihasilkan dari jenis ini seperti cover buku, majalah, koran, desain menu, brosur.

5. Desain Grafis Packaging atau Kemasan

Packaging atau Kemasan
Packaging atau Kemasan

Desain kemasan memiliki pengaruh besar pada seberapa besar dampak suatu produk di pasar. Peran utama seorang desainer kemasan adalah untuk menilai kemasan pesaing merek dan merancang kemasan produk yang layak mendapat perhatian konsumen.

Banyaknya merek yang mengandalkan desain kemasan agar sukses, sehingga desainer ini memiliki tanggung jawab besar. Selama bertahun-tahun, desain kemasan telah berevolusi untuk menghasilkan desain yang ramah lingkungan.

Baca Juga : 16 Teknik Belajar Dasar CorelDRAW Lengkap untuk Pemula

6. Desain Grafis Environmental

Desain Grafis Environment
Desain Grafis Environment

Desain Environmental menggabungkan desain grafis dengan arsitektur, landscape design, dan industrial desain untuk membuat arah navigasi bagi pengguna. 

Tugas dari jenis desain ini adalah membuat ruang lebih berkesan, menarik, informatif seperti rambu, pameran museum, merek kantor, navigasi transportasi umum, interior toko, dan lainnya. Karya yang dihasilkan sering dicetak, tetapi kami mulai melihat lebih banyak tampilan interaktif yang melibatkan pengguna.

7. Desain Grafis Typeface dan Lettering Design

Typeface dan Lettering Design
Typeface dan Lettering Design

Salah satu jenis desain yang diabaikan dari berbagai jenis desain lainnya adalah desain tipografi. Kebanyakan orang tidak memikirkan pengembangan tipografi atau dampak dan kesesuaiannya untuk proyek.

Desain grafis typeface dan lettering design ini perlu memahami prinsip tipografi, keterbacaan, anatomi jenis, dan bagaimana pengaruhnya terhadap keterbacaan secara keseluruhan.

8. Desain Grafis Motion Graphic

Motion Graphic
Motion Graphic

Desainer gerak berspesialisasi dalam desain kartun atau grafik media sosial yang dapat ditampilkan di TV, game, atau video perusahaan. Jenis desain ini biasanya bekerja dengan tim besar karena banyak animasi yang membosankan dan rumit untuk diselesaikan hanya dengan satu orang. 

Jenis karya yang dapat dihasilkan oleh seorang motion designer adalah film, animasi brand, motion graphic untuk brand, dan kartun.

9. Desain Grafis Ilustrasi

Ilustrasi
Ilustrasi

Ilustrator grafis menjadi semakin populer selama bertahun-tahun. Ledakan media sosial memungkinkan ilustrator untuk membagikan lebih banyak karya mereka dan mendapatkan eksposur.

Ilustrator membuat karya komersial untuk merek dan desain editorial, banyak yang ditampilkan di sampul majalah, situs web, dan media sosial.

Kesimpulan

Desain grafis adalah bidang besar yang banyak orang tidak menyadari bahwa bidang yang begitu banyak cabangnya yang ada di setiap hal yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Dari banyak jenis desain grafis tersebut, kesemuanya membat apapun yang visual dan dapat dibaca.

Jenis desain grafis sering tumpang tindih satu sama lain dan bahkan bidang yang lain seperti psikologi dan juga arsitektur ada didalamnya. Sehingga apapun jenis desainnya, memiliki satu misi, yaitu menemukan solusi yang dapat membantu seseorang memproses sebuah informasi dengan baik. Jadi, apa jenis desain favoritmu atau jenis desain apa yang sedang kamu geluti ?


Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

إرسال تعليق