Table of Content

Inilah 8 Jenis Logo dan Contohnya dalam Sebuah Brand

Secara teori, terdapat 8 jenis logo yang umumnya digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Mulai dari jenis logo maskot, lettermark logo, wordmark logo...

8 Jenis Logo dan Contohnya dalam Sebuah Brand - Bagi seorang desainer atau pemilik bisnis sangat perlu untuk mengetahui macam-macam logo dan artinya supaya dalam menciptakan sebuah brand tidak kebingungan membuat logo yang bagus dan sesuai dengan bisnis yang sedang dibangun.

Apalagi bagi seorang desainer logo, sangat wajib hukumnya mengetahui macam-macam logo keren sehingga bisa lebih mudah dalam menentukan bentuk logo sesuai dengan permintaan client.

Jenis Logo dan Contohnya
Jenis Logo dan Contohnya

Secara teori, terdapat 8 jenis logo yang umumnya digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Mulai dari jenis logo maskot, lettermark logo, wordmark logo, abstract logo, hingga combination logo yang telah dipakai oleh brand-brand.

Namun sebelum kamu mengetahui jenis-jenis logo, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu definisi dari logo tersebut sehingga kamu benar-benar mengerti fungsi dari logo tersebut.

Apa itu Logo?

Jenis Logo dan Contohnya - 01
Jenis Logo dan Contohnya - 01


Logo adalah suatu bentuk gambar atau sketsa yang memiliki arti tertentu dengan mewakili suatu lembaga, yayasan, perkumpulan, produk negara, perusahaan, atau hal-hal lainnya sebagai identitas yang dianggap mampu untuk menggantikan suatu nama dari entitas diatas.

Dengan adanya sebuah logo, diharapkan mampu menjadi suatu gambaran atau representasi dari sebuah entitas, perusahaan, maupun produk tersebut. Selain dari itu, logo juga bagian dari branding.

Jenis-Jenis Logo dan Contohnya

Sesuai dengan paragraf diatas terdapat 8 jenis logo yang ditentukan secara detail mulai dari bentuk wujud, elemen dan juga bentuknya. berikut penjelasan lebih rinci tentang jenis-jenis logo dan juga contohnya.

1. Lettermark Logo

Lettermark Logo
Lettermark Logo

Jenis logo pertama adalah Lettermark logo. Lettermark adalah jenis logo yang dominan menampilkan beberapa huruf dari nama suatu brand. Logo tersebut bisa diartikan sebagai inisial dari sebuah brand.

Jenis Logo Lettermark hanya menampilkan salah satu huruf dari yang sudah ditetapkan untuk dijadikan sebuah inisial brand kemudian dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi sebuah desain yang bagus sehingga bisa menjadi style yang menjadi identitas dari suatu brand.

2. Wordmark Logo

Wordmark Logo
Wordmark Logo

Jenis logo yang kedua yang umum digunakan yaitu jenis logo Wordmark. Logo Wordmark adalah logo yang didominasi oleh sebuah tulisan dalam desainnya. Biasanya pada logo tersebut selain sebuah tulisan, juga ada sedikit elemen yang menjadi pemanis dan menjadi sebuah karakter tersendiri yang pembeda dan terlihat bagus dalam pembentukan logo.

Dalam membuat logo Wordmark, pemilihan font yang bagus adalah hal yang paling utama dan krusial untuk dilakukan. Karena dalam logo ini yang diandalkan adalah sebuah tulisan. 

Sehingga dalam pembuatan logo Wordmark sangat direkomendasikan untuk memilih jenis font yang unik dan berbeda. Kamu bisa memilih font yang commercial use atau membuatnya sendiri dengan menggunakan software pembuat font.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan Logo Wordmark dan juga Lettermark, yaitu :

  • Jenis logo Wordmark dan Lettermark cocok untuk kamu gunakan dalam brand bisnis baru dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai desain yang dipublikasikan ke berbagai media.
  • Jenis logo Wordmark dan Lettermark sangat cocok untuk nama-nama bisnis yang berbeda dan unik dari yang lain.
  • Dalam penggunaan logo Lettermark sangat disarankan untuk nama-nama brand yang memiliki huruf yang panjang.

3. Abstract Logo

Abstract Logo
Abstract Logo

Jenis logo yang ketiga yaitu Abstract  logo. Abstract logo adalah jenis logo yang memiliki bentuk yang organis atau geometris yang kompleks. Dalam pembuatannya, logo tersebut sangat sulit untuk men-desainnya. 

Selain dalam pembuatan logo abstrak sangat sulit, logo tersebut juga perlu dipadukan dengan visi, misi dari sebuah brand, dan juga harus memiliki makna dan filosofi yang kuat dan sesuai dengan brand tersebut.

4. Pictorial Marks

Pictorial Marks Logo
Pictorial Marks Logo

Jenis logo selanjutnya adalah Pictorial Marks. Pictorial Marks adalah jenis logo yang tidak memiliki elemen teks di dalamnya. Logo tersebut hanya mengandalkan sebuah icon yang berhubungan dengan nama sebuah brand atau hal-hal yang berkaitan dengan brand tersebut.

Logo ini adalah kebalikan dari logo lettermark ataupun wordmark. Bertolak belakang dari kedua logo diatas, Logo Pictorial Marks memiliki beberapa ciri khusus seperti terdapat gambar tertentu yang menjadi suatu identitas dari brandnya. Kalaupun dalam logo ini terdapat tulisan, itu hanyalah pendukung saja untuk membantu mengenalkan nama dari brand tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini Pictorial logo ini digunakan dengan model yang dibuat sesimple mungkin namun tetap memiliki unsur-unsur yang memiliki makna serta filosofi yang sesuai dengan brand tersebut.

Dalam penggunaan logo ini, biasanya banyak orang membuat logo pictorial logo dengan menggunakan icon seperti bentuk hewan, buah, benda, simbol, atau bentuk yang dipahami.

Ada 2 bentuk dari jenis logo ini, yaitu Associative Logo, dan Allusive Logo. berikut dibawah ini penjelasannya:

  • Associative Logo memiliki gambar yang berkaitan langsung dengan nama produk atau aktivitasnya seperti logo Twitter, android, shell dan lain-lain.
  • Allusive Logo memiliki bentuk gambar yang tidak berhubungan dengan nama atau wilayah aktivitas sebuah brand seperti Mercedes Benz, Apple, Avira, dan lain-lain.

Dalam pembuatan logo ini, dibutuhkan seorang desainer logo yang sangat kreatif karena harus memikirkan sebuah gambar yang berkaitan dengan nama dan juga sasaran dari sebuah brand dan juga dengan pemakaian berjangka panjang.

5. Mascots Logo

Mascots Logo
Mascots Logo

Seperti namanya, Maskot logo adalah sebuah logo yang menggunakan suatu karakter atau maskot sebagai elemen utama yang berhubungan dengan perusahaan sebagai sebuah brand dari perusahaan tersebut.

Dalam logo ini, biasanya orang menggunakan bentuk-bentuk yang menjadi ciri khas dari sebuah brand tersebut, misalnya bentuk manusia yang digunakan oleh KFC, atau bentuk-bentuk lain seperti tumbuhan, hewan, ataupun sebuah benda.

Umumnya, maskot yang digunakan dalam logo ini adalah gambar yang mempunyai mata ataupun panca indra sehingga logo tersebut terlihat hidup dan sangat susah untuk disederhanakan.

6. Combination Logo

Combination Logo
Combination Logo

Combination logo adalah sebuah logo yang memiliki bentuk dengan kombinasi antara jenis-jenis logo di atas. Jadi jenis logo ini merupakan logo yang mempunyai beberapa elemen yang dipadukan menjadi satu kesatuan.

Biasanya Combination ini selalu menggunakan sebuah bentuk yang membungkus sebuah tulisan dengan suatu simbol tertentu sehingga keduanya tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lainnya.

7. Emblem Logo

Emblem Logo
Emblem Logo

Jenis logo selanjutnya adalah Emblem logo. Sesuai dengan namanya, emblem logo adalah logo yang memiliki bentuk dasar emblem seperti tameng, lingkaran, atau yang lainnya sebagai unsur utama.

Logo ini biasanya bisa kita temui klub-klub sepak bola, basket, atau klub sporty lainnya. Karena dalam logo tersebut menampilkan sebuah nama dan suatu bentuk dalam tamengannnya.

8. Geometric Wordmark Logo

Geometric Wordmark Logo
Geometric Wordmark Logo

Jenis logo yang terakhir adalah logo Geometric Wordmark. Logo ini adalah logo yang mempunyai elemen sebuah tulisan dengan dikemas dengan latar dengan bentuk tertentu seperti bentuk lingkaran, oval, segitiga, segiempat dan sebagainya.

Pemilihan latar yang digunakan dalam logo ini biasanya disesuaikan dengan teks yang ada dan juga disesuaikan dengan tujuan dari suatu perusahaan tersebut. Dengan kata lain, jenis logo ini terkesan lebih simple dan flexible.

Kesimpulan

Terdapat beberapa jenis logo yang perlu kamu perhatikan dalam membuat sebuah brand. Masing-masing jenis logo memiliki perbedaan bentuk, arti, fungsi, dan filosofi yang berbeda. Sehingga penting sekali menyesuaikan jenis logo  yang kamu buat dengan brand kamu.

Itu tadi penjelasan tentang 8 Jenis Logo dan Contohnya dalam Sebuah Brand, semoga memberikan pencerahan dan juga pengetahuan baru bagi para pembaca terutama bagi desainer pemula dan pelaku usaha.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

1 komentar

  1. thanks admin jadi tau nama jenis² logo.