Table of Content

Cara Lengkap Mengaktifkan Instagram Shopping untuk Bisnis Online

Instagram shopping adalah salah satu fitur yang baru saja dirilis oleh Instagram dengan menawarkan pengalaman berbelanja e-commerce di Media Sosial..

Sejak pandemi Covid 19, Ada ribuan orang yang sedang mengalami kesulitan dalam perekonomiannya karena adanya pemutusan hubungan kerja yang disebabkan dengan pemangkasan karyawan. Namun ada pula ribuan orang yang sukses besar karena mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk berbisnis. Salah satu bisnis yang menguntungkan saat ini adalah berbisnis dengan metode online. Jualan online memang menjadi trend bisnis sejak tahun 2019. Sehingga banyak platform sosial media menyediakan fitur lapak atau toko untuk memudahkan penggunanya, termasuk aplikasi Instagram juga memberikan fitur Instagram Shopping didalamnya.

Mengaktifkan Instagram Store
Mengaktifkan Instagram Store

Berdasarkan situs resmi Instagram, Instagram shopping pertama kali dirilis sejak tanggal 19 Mei 2020 lalu. Menurut klaimnya, fitur tersebut mampu untuk membantu dan mendongkrak perekonomian masyarakat dan meningkatkan traffic bisnis.

Jika kamu adalah orang yang terdampak Covid 19, dan ingin memulai bisnis baru dengan mengaktifkan fitur Instagram shopping dalam akunmu, artikel ini mungkin bisa membantumu untuk mempelajari bagaimana cara mengaktifkan Instagram shopping dan cara menyambungkan Instagram shopping shopee, menyambungkan  Instagram shopping tokopedia, dan juga menyambungkan website untuk Instagram shopping.

Mengenal Instagram Shopping

Instagram Shopping - 01
Instagram Shopping - 01

Instagram shopping adalah salah satu fitur yang baru saja dirilis oleh Instagram dengan  menawarkan pengalaman berbelanja e-commerce di Media Sosial. Fitur tersebut membantu para pebisnis atau wirausaha kecil dalam mengembangkan bisnisnya ke dalam digital. 

Fitur Instagram Shopping cukup mudah untuk diakses, hanya dengan menekan icon bercorak tas, halaman shopping muncul dengan tawaran tawaran produk yang dirancang dengan layout yang elegan dan friendly oleh Instagram. Sehingga benar-benar membantu dalam proses pengembangan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Hootsuite, Instagram adalah platform sosial media dengan pengguna terbanyak dengan peringkat ke-4, yaitu 59 juta user per kuartal, dan menurutnya, ada sekitar 200jt pengguna Instagram yang mengunjungi satu akun Instagram bisnis setiap harinya. 

Sehingga ada banyak kelebihan kelebihan Instagram shopping tersebut dan juga menjadi  kesempatan emas bagi kamu yang sedang memulai bisnis baru dan ingin memanfaatkan Instagram shopping sebagai media promosi bisnis kamu. kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Ads yang bisa kamu sandingkan dengan Instagram Shopping.

Dalam bertransaksi di Instagram shopping kamu bisa menggunakan fitur Facebook Pay sebagai dompet digital kamu sehingga memberikan keamanan bagi pengguna dalam proses transaksi tersebut.

Fitur Instagram Shopping

Ada banyak fitur yang ditawarkan Instagram Shopping yang berbeda dari lapak sosial media lain yang tentunya bermanfaat bagi kamu yang sedang mengembangkan bisnis. Baca selengkapnya untuk mengetahui fitur Instagram shopping.

1. Instagram Shopping Tag

Salah satu kelebihan instagram shopping dibandingkan dengan lapak sosial media yang lain adalah Instagram Shopping Tag. Fitur ini berfungsi untuk memberikan label produk pada setiap postingan yang kamu upload dan terintegrasi langsung ke dalam katalog produkmu. Tag produk yang kamu gunakan bisa lebih dari satu dalam satu postingan.

Instagram Shopping - 02
Instagram Shopping - 02

Dengan fitur Instagram Shopping Tag ini, calon pelanggan bisa lebih mudah dalam melihat informasi seputar nama produk dan juga harga secara langsung didalam postingan kamu. Calon pelanggan juga bisa masuk ke katalog produkmu dari postingan secara langsung. 

2. Katalog Produk

Seperti namanya, katalog produk adalah fitur untuk mengetahui rincian produk kamu, dan produk-produk lainnya yang kamu jual di Instagram Shopping. Pada Katalog produk, calon pelanggan akan melihat gambar produk, nama, dan harga produk yang kamu tentukan.

Instagram Shopping - 03
Instagram Shopping - 03

Kamu bisa mengatur tema dalam katalog produkmu dengan memilih warna background yang senada dengan bisnis dan produk yang kamu tawarkan agar memberikan kesan yang baik dan menarik untuk calon pelangganmu.

3. Detail Halaman Produk

Calon pelanggan juga bisa melihat detail produk yang kamu posting dengan mengklik Halaman Detail produk. Pada halaman ini calon pelanggan akan melihat informasi tentang produk yang mencakup informasi seperti gambar, nama, harga, deskripsi lengkap, ukuran produk, dan link menuju website toko online kamu. 

4. Instagram Shopping Ads

Instagram Shopping Ads berfungsi untuk mengiklankan atau mempromosikan postingan produk kamu sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna Instagram. Dalam menggunakan Fitur ini kamu bisa menentukan jangkauan target pengguna sesuai dengan target pasar kamu.

5. Shopping Tag pada Akun Tertent

Dengan fitur ini, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berkolaborasi dengan beberapa selebgram atau brand lain sebagai salah satu trik promosi bisnis anda. Fitur ini memudahkan pengguna lain seperti selegram untuk memberikan tag yang ditujukan ke katalog produkmu

6. Product Launches

Sesuai dengan namanya, Product launches adalah fitur yang membantumu dalam  membuat pemberitahuan launching produk ke calon penggunamu. Kamu juga bisa menggunakan fitur waktu mundur sehingga calon pelanggan bisa bersiap-siap untuk berbelanja di Instagram Shopping kamu.

7. Live Shopping

Fitur lain yang sangat berguna untuk mendukung pengembangan bisnismu adalah fitur Live Shopping. Kamu bisa memanfaatkan fitur live shopping ini dengan menjual produk kamu secara langsung melalui Instagram Live. Kamu bisa mengajak dan mempromosikan produkmu secara realtime dengan calon pelanggan agar mereka membeli produk-produkmu.

Untuk mengaktifkan Instagram shopping dan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, ada beberapa syarat yang harus kamu ketahui dan dipenuhi. Kami juga akan membahas tentang persyaratan tersebut, baca terus artikel ini untuk mengetahui persyaratannya.

Syarat Instagram Shopping

Sebelum memulai mempromosikan bisnis kamu lewat fitur Instagram Shopping, kamu perlu tahu terlebih dahulu persyaratan-persyaratan yang harus kamu penuhi sehingga kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut. Tidak sembarangan akun bisnis yang bisa diterima oleh Instagram dalam mengaktifkan fitur shopping, karena itu kamu perlu tahu persyaratan yang diberlakukan oleh Instagram dan pastikan akun kamu memenuhi persyaratan tersebut.

  • Area lokasi bisnis masuk dalam area yang didukung oleh Instagram shopping
  • Produk yang dijual sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Instagram
  • Harus mematuhi perjanjian dan kebijakan perdagangan yang diberlakukan Instagram
  • Harus memiliki website bisnis untuk kemudian disambungkan dengan Instagram shopping

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk mengaktifkan Instagram Shopping. Sebelum mengaktifkannya kamu harus mempunyai Halaman Facebook terlebih dahulu dan memiliki website toko sebagai syarat utama. Selengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Mengubah Akun Personal menjadi Akun Bisnis atau Kreator

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan Instagram Shopping adalah mengubah jenis akun kamu menjadi akun bisnis atau kreator, dengan begitu kamu bisa dengan mudah mengelola akun kamu. Untuk mengaktifkannya simak penjelasan di bawah ini:

Instagram Shopping - 01
Instagram Shopping - 04

Masuk terlebih dahulu ke aplikasi Instagram kamu. Pada bagian profil, tekan icon tiga garis yang berada di bagian pojok kanan atas kemudian pilih Pengaturan.

Instagram Shopping - 05
Instagram Shopping - 05

Pada halaman Pengaturan, pilih akun

Instagram Shopping - 06
Instagram Shopping - 06

Kemudian pilih Beralih ke Akun Profesional

Instagram Shopping - 07
Instagram Shopping - 07

Setelah itu pilih kategori sesuai dengan bidang bisnis

2. Membuat Website Toko

Setelah kamu berhasil mengubah akun menjadi akun profesional bisnis, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat website toko. Dalam mengaktifkan Instagram Shopping, kamu diharuskan untuk membuat website untuk mempermudah dalam menjangkau perusahaan bisnismu. Selain itu website untuk Instagram shopping juga berguna dalam meningkatkan kredibilitas brand atau tokomu.

Situs Jasa Website Madura Go Digital
Situs Jasa Website Madura Go Digital

Untuk membuat website store kamu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya secara manual, cukup dengan memakai jasa dari Madura Go Digital saja. Madura Go Digital adalah platform Jasa pembuatan website yang akan membantu kamu dalam membuat website toko, kamu cukup mengunjungi situsnya langsung dan cari website toko impianmu. Setelah melakukan transaksi pembayaran, kamu hanya perlu masuk dan menambahkan produkmu ke website yang kamu buat.

3. Membuat Halaman Facebook dan Menambahkan Katalog Produk

Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping adalah membuat halaman Facebook untuk disambungkan ke akun Instagram kamu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pertama, login terlebih dahulu dengan akun Facebook yang akan diintegrasikan ke Instagram kamu.

Instagram Shopping - 08

Kemudian Buat Halaman Facebook di menu Pengelola Bisnis Facebook.

Instagram Shopping - 09

Isi informasi sesuai dengan data bisnis kamu.

 

Instagram Shopping - 10
Instagram Shopping - 10

Setelah itu atur halaman dengan klik Pengaturan seperti gambar dibawah ini

Instagram Shopping - 11
Instagram Shopping - 11

Lalu klik menu Sumber Data dan pilih katalog untuk menambahkan katalog baru

Instagram Shopping - 12

Atur nama dan jenis produk yang ingin kamu tambahkan

Instagram Shopping - 13
Instagram Shopping - 13

Atur juga akses admin untuk katalog kamu, kamu bisa memilih akun kamu sendiri atau menambahkan beberapa orang lain untuk mengelola Halaman Facebook

Setelah itu kamu bisa menautkan Halaman Facebook kamu ke akun bisnis Instagram kamu dengan catatan harus mengisi katalog produkmu terlebih dahulu di halaman Facebook. 

Instagram Shopping - 14
Instagram Shopping - 14

Dalam menambahkan produk, kamu bisa menambahkan secara manual atau kamu bisa menyambungkannya langsung dengan website kamu menggunakan Facebook Pixel.

4. Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah selesai membuat Halaman Facebook dan menambahkan Katalog, sekarang saatnya kamu untuk mengaktifkan Instagram Shopping. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Instagram Shopping.

Masuk ke Profil akun Bisnis instagram

Instagram Shopping - 15
Instagram Shopping - 15

Pilih Business di menu Pengaturan

Instagram Shopping - 16
Instagram Shopping - 16

Kemudian pilih Hubungkan atau Buat

Instagram Shopping - 17
Instagram Shopping - 17

Kemudian pilih hubungkan Halaman yang ada, lalu ikuti langkah-langkah sesuai yang diminta oleh Instagram.

5. Verifikasi dan Tinjauan Akun

Setelah proses pengaktifan Instagram Shopping selesai, kamu hanya perlu menunggu waktu untuk proses verifikasi dan tinjauan akun yang dilakukan oleh pihak Instagram, jika tidak ada kesalahan dalam proses pendaftaran maka pengaktifan Instagram Shopping sudah bisa kamu manfaatkan untuk pengembangan bisnis kamu dan memanfaatkan fitur-fitur lain yang ada di Instagram Shopping seperti Tag Katalog dan lainnya.

Menautkan Instagram Shopping Shopee

Setelah kamu selesai dalam melakukan proses pengaktifan Instagram Shopping, apabila kamu ingin menghubungkannya dengan toko kamu yang ada di e-commerce Shopee caranya sangat mudah. Simak penjelasannya dibawah ini.

  • Pertama, Masuk terlebih dahulu shopee
  • Kemudian ketik nama toko kamu di pencarian
  • Kemudian salin tautan toko kamu
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi Instagram
  • Pada bagian Profil, tekan edit profil
  • Kemudian tempelkan tautan yang sudah disalin ke kolom website.

Menautkan Instagram Shopping Tokopedia

Bagi kamu yang ingin menautkan Instagram Shopping kamu ke platform e-commerce Tokopedia caranya hampir sama dengan yang diatas. Simak penjelasan di bawah ini:

  • Pertama, Masuk terlebih dahulu ke aplikasi Tokopedia
  • Kemudian ketik nama toko kamu di pencarian
  • Kemudian salin tautan toko kamu
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi instagram
  • Pada bagian Profil, tekan edit profil
  • Kemudian tempelkan tautan yang sudah disalin ke kolom website.

Kesimpulan

Sekalipun ada banyak tahapan yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping, tapi hal itu sebanding dengan hasil yang bisa kamu peroleh nantinya. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menunjang bisnis kamu baik dalam promosi bahkan hingga meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Kredibilitas suatu bisnis sangat berpengaruh untuk keberhasilan dan kesuksesan bisnis yang kamu bangun. Dengan Instagram Shopping selain kredibilitas bisnis meningkat, kamu juga bisa memperkuat nama brand bisnismu.

Sekian pembahasan tentang Cara Lengkap Mengaktifkan Instagram Shopping untuk Bisnis Online, semoga bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan platform media sosial.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar