Table of Content

16 Teknik Belajar Dasar CorelDRAW Lengkap untuk Pemula

Tutorial dasar CorelDRAW, yang pertama perlu kita ketahui adalah mengenal materi coreldraw mulai dari bagian-bagian yang ada dalam software ini

16 Teknik Belajar Dasar CorelDRAW Lengkap untuk Pemula - CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis paling populer pada zamannya dan sampai saat ini masih dipakai oleh desainer grafis. Sebelum mahir dalam dunia desain grafis kamu perlu menguasai teknik dasar tentang software yang kamu gunakan seperti CorelDRAW ini.

Sebelum memulai memakai CorelDRAW, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik belajar dasar CorelDRAW sehingga kamu tidak kesulitan dalam mengoperasikan software ini.

Belajar Dasar CorelDRAW
Belajar Dasar CorelDRAW

Panduan dasar CorelDRAW sebetulnya sudah banyak dibahas di situs-situs lain namun pada artikel ini kami akan membahas secara tuntas tentang Tutorial CorelDRAW secara lengkap dan juga membahas tools yang ada pada CorelDRAW.

Tutorial dasar CorelDRAW,  yang pertama perlu kita ketahui adalah mengenal materi coreldraw mulai dari bagian-bagian yang ada dalam software ini, kemudian kita juga perlu mengenal tool-tool coreldraw, teknik dasar, sistem warna dasar pada coreldraw, hingga pada proses penyimpanan hasil coreldraw.

Pengenalan Dasar CorelDRAW

Belajar Dasar CorelDRAW - 01
Belajar Dasar CorelDRAW - 01

Sebelum kita membahas tentang materi dasar CorelDRAW, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu CorelDRAW dan fungsi dari software ini sehingga kita benar-benar menguasai Coreldraw secara lengkap.

CorelDRAW adalah software editing grafis dua dimensi berbasis vektor yang berasal dari ottawa, Kanada. Software ini pertama kali rilis pada tanggal 16 Januari 1989 yang dikembangkan oleh Corel Corporation. Sampai saat ini Coreldraw belum bisa beroperasi di android, Coreldraw hanya bisa digunakan untuk Windows dan OS saja.

Setiap tahun Coreldraw merilis versi-versi terbarunya. Pada versi Coreldraw 2021 atau versi 23, coreldraw menambahkan banyak fitur di dalamnya seperti manajemen aset yang dinamis, fitur kolaborasi alur kerja, akses secara online ke Google Font, live comments, tampilan beberapa halaman dalam satu workspace, menggambar dalam beberapa perspektif, eksport multi-asset dan lain-lain.

Kenali Fungsi Tool-Tool CorelDRAW

Belajar Dasar CorelDRAW - 02
Belajar Dasar CorelDRAW - 02

Coreldraw sebagai software editing yang unggul di bidang visualisasi mempunyai banyak fungsi, sehingga sangat banyak perusahan-perusahan yang menggunakan  coreldraw sebagai software utama dalam pekerjaannya seperti percetakan, media cetak, desainer grafis, bahkan media-media online membutuhkan coreldraw untuk mengedit desain grafis di dalam konten-kontennya. Berikut lebih jelasnya tool coreldraw yang bisa kita pelajari sehingga mampu dalam menguasai dasar CorelDRAW.

Step 1

Bagian-Bagian CorelDRAW Secara Lengkap

Untuk belajar dasar-dasar coreldraw, kita perlu mengenal terlebih dahulu Bagian-bagian dasar CorelDRAW itu sendiri sehingga kita tidak kebingungan dalam mengoperasikan software ini.

Baca Selengkapnya : Mengenal Bagian-Bagian Dasar CorelDRAW Secara Lengkap


Step 2

Pick Tool CorelDRAW

Fungsi pick tool mampu untuk memilih atau mendrag satu objek atau lebih. alat ini sangat penting dalam mengoperasikan CorelDRAW, karena setiap kali kita berpindah tool, kita perlu mengklik pick tool terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya : 6 Fungsi Pick Tool pada CorelDRAW yang Wajib Kita Ketahui


Step 3

Shape Tool CorelDRAW

Shape tool memiliki fungsi yang digunakan untuk mengubah wujud dari objek. Bagian objek yang bisa dirubah oleh alat ini adalah bagian titik garis dari objek. Kita bisa membengkokkan suatu objek ataupun meluruskannya.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Shape Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 4

Crop Tool CorelDRAW

Crop tool memiliki fungsi yang digunakan untuk memotong atau menghilangkan bagian dari objek. Cara menggunakan crop tool sangat mudah, cukup dengan tahan klik kiri pada bagian objek yang ingin dipotong, lalu drag pada objek.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Crop Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 5

Zoom Tool CorelDRAW

Zoom tool memiliki fungsi yang digunakan untuk memperluas atau memusatkan layar pada bagian yang ingin dilihat. Alat ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin melihat objek yang kecil, atau memperluas pandangan pada objek tertentu.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Zoom Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 6

Freehand Tool CorelDRAW

Freehand Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk membuat objek secara leluasa. Alat ini hampir sama seperti kita melukis dengan tangan, kita bebas membuat objek tertentu baik kotak, lingkaran atau lainnya.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Freehand Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 7

Artistic Media Tool CorelDRAW

Artistic Media Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk membuat garis dengan style atau bentuk objek vector. Bentuk bisa berupa brush, sprayer, calligraphic, dan expression.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 8

Rectangle dan Ellipse Tool CorelDRAW

Rectangle Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk membuat objek dengan berbentuk kotak atau persegi. alat ini sangat penting untuk kita ketahui karena setiap kali kita mendesain suatu gambar, kita pasti membutuhkannya.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Rectangle dan Ellipse Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 9

Polygon Tool CorelDRAW

Polygon tool memiliki fungsi yang digunakan untuk membuat objek dengan beberapa sisi. Kita bisa membuat segi tiga, segi empat, segi lima, segi enam dan seterusnya. Seperti namanya, Polygon tool membantu kita dalam membuat objek dalam banyak sisi.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Polygon Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 10

Text Tool CorelDRAW

Text Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk menambahkan teks atau catatan dalam bentuk kata atau paragraf. Dalam mengaplikasikan alat ini ada banyak cara, namun kami akan mengulas cara-cara dasar menggunakan Text tool.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Text Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 11

Parallel Dimension Tool CorelDRAW

Paraller Dimension berfungsi untuk mengukur dan menunjukkan jarak antara dua titik dalam objek tertentu. Alat ini juga berfungsi untuk mengatur jarak tertentu antara objek atau mengubah ukuran objek tersebut.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Parallel Dimension Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 12

Straight Line Connector Tool CorelDRAW

Straight Line Connector Tool berfungsi untuk menghubungkan satu objek ke objek lainnya. Pada saat Objek telah diberikan Line Connector, CorelDRAW memberikan keleluasaan kepada kita memindahkan objek dengan tanpa memutuskan Line Connector.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Straight Line Connector Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 13

Drop Shadow Tool CorelDRAW

Drop Shadow Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk menambahkan bayangan ke objek tertentu. Objek yang diberikan drop shadow memberikan ilusi sehingga objek terlihat lebih nyata. Fungsi Drop Shadow tool mengilustrasikan bahwa objek terlihat nyata.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Drop Shadow Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 14

Transparency Tool CorelDRAW

Transparency Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk membuat objek tampak transparan. Seperti namanya, Fungsi transparency tool ini membuat objek di bawahnya terlihat sebagian.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Transparency Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 15

Color Eyedropper Tool CorelDRAW

Color Eyedropper Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin warna dari objek tertentu dan ditempel pada objek lainnya. Tool ini mempermudah pengguna untuk menyamakan beberapa objek agar warnanya terlihat sama.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Color Eyedropper Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Step 16

Interactive Fill Tool CorelDRAW

Interactive Fill Tool memiliki fungsi yang digunakan untuk memberikan komposisi warna pada objek tertentu. Tool ini juga bisa digunakan untuk memberikan warna gradasi pada objek.

Baca Selengkapnya : Mengenal Fungsi Interactive Fill Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya


Itu tadi pembahasan secara lengkap tentang 16 Teknik Belajar Dasar CorelDRAW Lengkap untuk Pemula. Semoga memberikan pemahaman, pengetahuan serta kebermanfaatan bagi kita semua. Jangan Pernah Takut Berkarya.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

4 komentar

  1. auto bookmark.
    thanks admin.
    1. you're welcome :)
  2. Mantab...trmksh ilmunya
    1. sama-sama :)