Table of Content

Mengenal Bagian-Bagian Dasar CorelDRAW Secara Lengkap

Untuk belajar dasar-dasar coreldraw, kita perlu mengenal terlebih dahulu Bagian-bagian dasar dari CorelDRAW itu sendiri...
Bagian Dasar CorelDRAW
Bagian Dasar CorelDRAW

Software CorelDRAW adalah software editing berbasis vektor yang berfungsi untuk mengedit sebuah gambar. Software ini berasal dari perusahaan yang berasal dari Ottawa, Kanada.

Untuk belajar dasar-dasar coreldraw, kita perlu mengenal terlebih dahulu Bagian-bagian dasar dari CorelDRAW itu sendiri sehingga kita tidak kebingungan dalam mengoperasikan software ini. 

Bagi kamu yang sedang belajar Desain Grafis atau belajar tentang software CorelDRAW kamu perlu mempelajari dan membaca isi artikel ini supaya mengenal Bagian-bagian CorelDRAW mulai dari atas sampai bawah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagian Dasar CorelDRAW - 01
Bagian Dasar CorelDRAW - 01

1. Title Bar

Bagian Dasar CorelDRAW - 02
Bagian Dasar CorelDRAW - 02

Title Bar adalah bagian yang menunjukkan nama file atau judul file yang sedang dibuka. Pada bagian ini kamu bisa melihat file yang sedang aktif di CorelDRAW.

2. Menu Bar

Bagian Dasar CorelDRAW - 03
Bagian Dasar CorelDRAW - 03

Menu bar adalah bagian CorelDRAW yang berisi perintah-perintah dengan berbagai menu. Menu tersebut mengelompokkan perintah sesuai dengan kategori seperti menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Table, Tool, Windows, dan juga Help.

3. Toolbar

Bagian Dasar CorelDRAW - 04
Bagian Dasar CorelDRAW - 04

Toolbar adalah bagian yang berisi Icon-icon yang mempunyai fungsi tertentu. Toolbar berfungsi untuk mempermudah kamu dalam mengakses sebuah tool.

4. Property Bar

Bagian Dasar CorelDRAW - 05
Bagian Dasar CorelDRAW - 05

Property Bar adalah suatu bagian dalam CorelDRAW yang berisi menu-menu pada sebuah tool tertentu yang sedang aktif (Active Tools), sehingga Property Bar bisa berubah-ubah setiap kali kita menggunakan tool tertentu.

Isi didalam Property Bar untuk membantu kita mengatur sesuatu yang berhubungan dengan tool yang kita gunakan. Dalam Property Bar bisa biasanya membantu kamu untuk mengatur ukuran objek, bentuk objek, dan model-model objek yang dibuat oleh salah satu tool.

5. Control Windows

Control Windows adalah bagian dari CorelDRAW yang berisi tombol untuk mengatur tampilan jendela CorelDRAW yang terdiri dari Minimize, Maximize, Restore, dan juga Close.

6. Tab Navigation

Bagian Dasar CorelDRAW - 06
Bagian Dasar CorelDRAW - 06

Tab navigation sebagaimana namanya adalah bagian dalam CorelDRAW yang berfungsi menampilkan File yang kita buka. Kita juga bisa menambah lembar kerja dengan mudah di bagian ini. Kita juga bisa berpindah-pindah file di bagian ini hanya dengan mengetuk nama file yang kita inginkan.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Color Eyedropper Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

7. Toolbox

Bagian Dasar CorelDRAW - 07

Toolbox adalah salah satu bagian utama dalam CorelDRAW yang menampilkan tool atau alat untuk mengedit, menambah, memodifikasi, atau membuat objek baru dalam CorelDRAW.

8. Roler

Roler adalah bagian dalam CorelDRAW yang berfungsi menjadi batas vertikal dan horizontal yang sering kali digunakan untuk menentukan ukuran suatu objek dan juga posisi dari objek itu sendiri.

9. Drawing Window

Drawing window adalah bagian CorelDRAW yang berfungsi menjadi tempat untuk memodifikasi suatu objek. Dianggapkan dapur, Drawing window adalah dapur kotor dari CorelDRAW yang kemudian ketika sudah final dipindahkan ke Drawing Page.

10. Drawing Page

Drawing page atau biasa kita kenal Lembar kerja adalah bagian yang berbentuk persegi sesuai dengan ukuran kertas yang kita tentukan sebelumnya dan bisa kita ubah-ubah di Property Bar. 

Objek-objek yang tidak masuk dalam lembar kerja tidak akan terdeteksi apabila kita ingin mencetaknya, sehingga bagian ini juga disebut bagian Printable Area. Diluar dari area printable disebut Master Page.

11. Document Navigator

Bagian Dasar CorelDRAW - 08
Bagian Dasar CorelDRAW - 08

Document Navigator adalah bagian dalam CorelDRAW yang menampilkan halaman dalam suatu file. Kita bisa menambahkan atau mengurangi halaman dalam CorelDRAW pada bagian ini. Kita juga bisa berpindah dengan gampang melalui bagian ini. 

Cara lain untuk beralih dari halaman satu ke yang lainnya dengan menekan tombol Pgup pada keyboard untuk beralih ke halaman selanjutnya, tombol Pgdn pada keyboard untuk beralih ke halaman sebelumnya, tombol end untuk beralih ke halaman terakhir, dan tombol home untuk beralih ke halaman pertama dengan catatan shortcut tersebut hanya bisa dilakukan apabila kita sedang berada dalam mode previews.

12. Status Bar

Status Bar adalah bagian yang menampilkan status objek yang sedang aktif atau objek yang sudah kita klik. Kemudian pada bagian ini juga menampilkan posisi kursor dan warna yang telah kita gunakan.

13. Navigator

Navigator sesuai dengan namanya adalah bagian yang berfungsi untuk membantu kamu dalam melihat secara keseluruhan Drawing Window dan mengarahkan ke suatu sisi di Drawing Window.

14. Docker

Docker adalah salah satu bagian CorelDRAW yang berfungsi menampilkan jendela untuk mengatur suatu objek sesuai dengan tool yang relevan seperti Object Properties, Object Manager, Object Data Manager, Object Styles, Object Coordinates dan lainnya.

15. Color Palette

Color Palette adalah suatu bagian CorelDRAW yang menampilkan warna-warna default yang dapat kita pakai untuk mewarnai suatu objek.

Step 2

6 Fungsi Pick Tool pada CorelDRAW yang Wajib Kita Ketahui

Itu tadi pembahasan secara lengkap tentang Bagian-Bagian Dasar CorelDRAW  dan fungsi didalamnya. Semoga memberikan pemahaman, pengetahuan serta kebermanfaatan bagi kita semua. Jangan Pernah Takut Berkarya.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar