Table of Content

Mengenal Fungsi Text Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Text Tool adalah tool yang digunakan untuk menambahkan teks atau cacatan dalam bentuk kata atau paragraf. Dalam mengaplikan Text tool....
Fungsi Text Tool CorelDRAW
Fungsi Text Tool CorelDRAW

Kawan-kawan pembaca yang budiman, setelah sebelumnya kami membahas Fungsi Polygon Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya secara detail dan lengkap. Kali ini kami akan membahas tool CorelDRAW selanjutnya tentang Text Tool CorelDRAW, Kita akan mengenal tentang Deskripsi, fungsi, serta kegunaannya.

Text Tool adalah tool yang digunakan untuk menambahkan teks atau cacatan dalam bentuk kata atau paragraf. Dalam mengaplikan Text tool ada banyak cara, namun kami akan mengulas cara-cara dasar menggunakan Text tool.

Bentuk-Bentuk Text Tool

Bentuk-bentuk Text Tool CorelDRAW
Bentuk-bentuk Text Tool CorelDRAW

Dalam menggunakan Text tool, kita diberikan pilihan untuk membuat teks artistik atau teks paragraf. Perbedaan mendasar antara teks artistik terdapat pada proses pengaplikasiannya.

1. Text Artistic

Teks artistik kita lebih leluasa dalam mengedit tulisan, seperti memperbesar atau memperkecil, memiringkan, memindahkan, bahkan mengubah bentuk teks itu sendiri menjadi objek kurva. Teks artistik biasanya digunakan untuk membuat teks simpel.

2. Text Paragraph 

Sesuai dengan namanya, Text Paragraph digunakan untuk membuat teks panjang berbentuk paragraf. Untuk membuat teks paragraf, kita diberikan kolom tertentu ysng dapat kita atur ukurannya untuk dapat menampung kalimat yang ingin kita buat. Kita tidak bisa mengedit langsung teks, kita bisa mengeditnya menggunakan property bar diatas.

Cara menggunakan Text Tool cukup mudah. Simak penjelasannya dibawah ini.


Pertama, klik Text tool yang ada di Toolbox menggunakan Pick tool atau cukup dengan menekan tombol Shortcut F8 pada keyboard.

Kedua, klik dilembar kerja untuk membuat Text Artistic, lalu ketik tulisan yang ingin ditampilkan.

Untuk membuat Text Paragraph caranya klik dan tahan pada lembar kerja, kemudian drag sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu ketik kalimat yang ingin ditampilkan.

Menu-Menu dalam Text Tool

Didalam Text tool kita diberikan beberapa menu untuk mengatur teks agar lebi leluasa membuat teks sesuai dengan keinginan kita. Menu-menu tersebut cukup kompleks dalam mengelola teks kita, terdapat 7 menu dalam Text tool yang bisa kita lihat di property bar.

Font List

Font List adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk mengubah font dari teks yang kita buat. Sebagaimana namanya, font list menampung banyak font yang kita punya dalam komputer kita.

Font Size

Font Size adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk mengubah ukuran teks yang kita buat. Sebetulnya kita juga bisa mengatur ukuran teks secara langsung apabisa bentuk teks yang dipakai adalah Text Artistic.

Menu Bold, Italic, dan Underline

Menu Bold, Italic dan Underline adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk mengubah jenis teks yang dipakai. Bold memberikan efek tebal pada teks. Italic memberikan efek miring pada teks. Underline memberikan efek garis dibagian bawah teks.

Catatan : Penggunaan menu Bold dan Italic bisa digunakan apabila font mendukung untuk ditebal-miringkan.

Horizontal Alignment

Horizontal Alignmet adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk mengatur posisi teks. terdapar beberapa pilihan yang bisa kita pilih.

  • Left : Untuk meratakan teks ke kiri.
  • Center : Untuk meratakan teks ke tengah
  • Right : Untuk meratakan teks ke kanan
  • Full Justify : Untuk meratakan teks baik kanan maupun kiri tanpa memaksakan bagian akhir harus rata.
  • Force Justify : Untuk meratakan teks baik kanan maupun kiri.

Bulleted List

Sebagaimana namanya, Bulleted list adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk membuat list dalam teks.

Drop Cat

Drop Cat adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk menonjolkan awalan huruf dalam suatu paragraf. Menu ini hanya bisa digunakan ketika teks berada dalam kolom paragraf.

Text Properties

Text Properties adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk mengatur teks secara detail. Mulai dari jenis font, ukuran font, bentuk huruf, spasi dan lainnya. 

Edit Text

Edit Text adalah menu dalam property bar Text tool yang berfungsi untuk memberikan keleluasan dalam mengedit teks dengan memberikan pop up jendela baru khusus untuk mengedit teks.

Selain itu, lebih kompleks lagi dalam mengedit teks, CorelDRAW memberikan kita fitur-fitur lain diluar Toolbox dan  property bar untuk mengedit teks. Pengaturan tersebut berada di Menu Bar.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Rectangle dan Ellipse Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Fungsi Table Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Table tool adalah tool yang berada dalam kolom text tool yang digunakan untuk membuat tabel dalam lembar kerja CorelDRAW. Sebagai mana namanya, Table tool hampir sama dengan table di Microsoft Office Word. Kita bisa membuat baris, kolom, mengatur bahkan mengatur spasi border.

Cara menggunakannya sangat mudah. Simak penjelasannya dibawah ini.

Pertama, klik table tool didalam Toolbox Text tool menggunakan Pick tool.

Kedua, atur terlebih dahulu baris, kolom border, dam warna border yang kita inginkan. Kita bisa mengaturnya dengan Property bar Table tool yang ada dibagian atas. 

Terakhir, masukkan teks dalam tabel yang kita buat. Kemudian atur teks sesuai dengan penjelasan kia diatas.

Selain itu, lebih kompleks lagi dalam mengedit Table tool, CorelDRAW memberikan kita fitur-fitur lain diluar Toolbox dan property bar. Pengaturan tersebut berada di Menu Bar.

Step 11

Mengenal Fungsi Parallel Dimension Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar