Table of Content

Mengenal Fungsi Straight Line Connector Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Straight Line Connector Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat garis konektor lurus.
Fungsi Straight Line Connector Tool CorelDRAW
Fungsi Straight Line Connector Tool CorelDRAW

Kawan-kawan pembaca yang budiman, setelah sebelumnya kami membahas Fungsi Parallel Dimension Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya secara detail dan lengkap. Kali ini kami akan membahas tool CorelDRAW selanjutnya tentang Straight Line Connector Tool CorelDRAW, Kita akan mengenal tentang Deskripsi, fungsi, serta kegunaannya.

Straight Line Connector Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat garis konektor lurus. Line Connector tersebut berfungsi untuk menghubungkan satu objek ke objek lainnya. Pada saat Objek telah diberikan Line Connector, CorelDRAW memberikan keleluasaan kepada kita memindahkan objek dengan tanpa memutuskan Line Connector. Garis biasanya sering dipakai untuk membuat bagan atau struktur kepengurusan di suatu lembaga.

Ada tiga jenis Line Connector yang bisa kita manfaatkan untuk menghubungkan objek:

  • Straight Line Connector : Berfungsi untuk membuat garis konektor lurus.
  • Right-Angle Connector : Berfungsi untuk membuat garis konektor yang berbelok ke arah vertikal dan horizontal.
  • Rounded Right-Angle Connector : Berfungsi untuk membuat garis konektor yang berbelok ke arah vertikal dan horizontal pada sudut yang berbelok

Perbedaan jenis-jenis Line Connector dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.

Cara menggunakan Straight Line Connector Tool sangat mudah.

Pertama, klik Straight Line Connector Tool pada Toolbox dengan Pick tool.

Kedua, klik titik awal objek yang ingin disambungkan dengan objek yang lain.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Text Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Tool-tool lain dalam Straight Line Connector

Selain dari jenis-jenis line connector yang bisa kita manfaatkan, kita juga bisa mengedit point-point objek dan line connector tersebut dengan menggunakan menu-menu yang ada di Tool Property Bar Straight Line Connector.

Edit Anchor

Sebetulnya CorelDRAW memberikan 4 point secara otomatis dalam setiap objek, yaitu dari sisi kanan-kiri bagian tengah, dan sisi atas-bawah bagian tengah.

Edit Anchor adalal tool yang digunakan untuk mengedit point-point di suatu objek untuk mengatur titik awal dan akhir line pada objek.

Rounded Right Angle

Secara dafualt CorelDRAW menampilkan line connector dengan sisi yang tajam. Namun kita bisa mengeditnya dengan menggunakan  Rounded Right Angle untuk merubah ketajaman sisi. Rounded Right Angle berada di Property Bar.

Selain itu kita juga diberikan kelebihan untuk mengedit ketebalan model garis line connector dengan mengaturnya di property bar.

Step 13

Mengenal Fungsi Drop Shadow Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Itu tadi penjelasan secara lengkap tentang Straight Line Connector Tool dan  menu-menu didalamnya. Semoga memberikan pemahaman, pengetahuan serta kebermanfaatan bagi kita semua. Jangan Pernah Takut Berkarya.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar