Table of Content

Mengenal Fungsi Polygon Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Polygon tool adalah tool yang digunakan untuk membuat objek dengan beberapa sisi. Bisa segi tiga, segi empat.....
Fungsi Polygon Tool CorelDRAW
Fungsi Polygon Tool CorelDRAW

Kawan-kawan pembaca yang budiman, setelah sebelumnya kami membahas Fungsi Rectangle dan Ellipse Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya secara detail dan lengkap. Kali ini kami akan membahas tool CorelDRAW selanjutnya tentang Polygon Tool CorelDRAW, Kita akan mengenal tentang Deskripsi, fungsi, serta kegunaannya.

Polygon tool adalah tool yang digunakan untuk membuat objek dengan beberapa sisi. Bisa segi tiga, segi empat, segi lima, segi enam dan seterusnya. Seperti namanya, Polygon tool membantu kita dalam membuat objek dalam banyak sisi. 

Cara menggunakan Polygon tool sangat mudah, simak cara menggunakannya dibawah ini.

Pertama, klik Polygon tool pada tool bok dengan pick tool atau tekan tombol Shortcut Y pada keyboard.

Kedua, atur terlebih dahulu pada Property Bar Point or Side dan juga tebal outline.

Ketiga, klik dan drag pada lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila ingin mengatur bentuk point atau side, cukup dengan klik Shape tool pada Toolbox, lalu klik point yang ingin dirubah.

Ada beberapa macam tool dalam Polygon tool yang bisa kita pakai untuk mempermudah kita dalam membuat suatu objek. Terdapat 9 tool lain dalam Polygon tool yang akan kami bahas secara detail.

Fungsi Star Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya dengan Mudah

Fungsi Star Tool CorelDRAW
Fungsi Star Tool CorelDRAW

Star Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat objek star dalam CorelDRAW. Tool ini memudahkan kita dalam membuat objek bintang tanpa harus membuatnya dari awal. Dengan tool ini, kita juga bisa mengedit bentuk star dengan mengatur Point atau Side dan juga Sharpness sesuai keinginan. Simak cara menggunakannya dibawah ini.

Pertama, klik Star tool dalam Polygon tool dengan Pick tool.

Kedua, atur terlebih dahulu Point bar or Side, Sharpness, dan ketebalan outline.

Ketiga, klik dan drag pada lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila ingin mengatur bentuk point or side, cukup dengan klik Shape tool pada Toolbox, lalu klik point yang ingin dirubah.

Fungsi  Complex  Star Tool dan Cara Menggunakannya dengan Mudah

Complex Star Tool CorelDRAW

Complex Star Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat objek star dengan point atau side yang lebih kompleks. Sesuai dengan namanya, tool ini berbeda dengan Star tool. Dalam tool ini kita lebih kompleks mengatur point atau side sesuai keinginan. Simak Cara menggunakannya dibawah ini.

Pertama, klik Complex Star tool dalam Polygon tool dengan Pick tool.

Kedua, atur terlebih dahulu Point bar or Side, Sharpness, dan ketebalan outline.

Ketiga, klik dan drag pada lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila ingin mengatur bentuk point or side, cukup dengan klik Shape tool pada Toolbox, lalu klik point yang ingin dirubah.

Fungsi Graph Paper Tool dan Cara Menggunakannya

Fungsi Graph Paper Tool CorelDRAW

Graph Paper Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat beberapa kotak yang disusun menjadi satu dalam keadaan ter-grup. Graph Paper tool biasanya dimanfaatkan untuk menjadi garis pemandu untuk membuat logo atau gambar tertentu. Simak cara menggunakannya dibawah ini.

Pertama, klik Graph Paper Tool dalam Polygon tool dengan Pick tool atau tekan Shortcut D pada keyboard.

Kedua, atur terlebih dahulu  jumlah kolom dan baris sesuai dengan yang diinginkan.

Ketiga, klik dan drag pada lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Kita bisa memisahkan antar kotak dengan cara klik kanan pada Graph Paper tool, kemudian pilih ungroup Object atau dengan menekan Shortcut CTRL + U pada keyboard.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya.

Fungsi Spiral Tool dan Cara Menggunakannya dengan Mudah

Fungsi Spiral Tool CorelDRAW
Fungsi Spiral Tool CorelDRAW

Spiral Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat objek dengan bentuk spriral. Untuk menggunakan Spiral tool kita hanya dibatasi sampai 100 putaran saja. Terdapat dua jenis spiral yang bisa kita gunakan, yaitu Spiral Symmetrical dan Spiral Logarithmic. 

Spiral Symmetrical adalah spiral  yang radius putaran simetris. Sedangkan Spiral Logarithmic adalah radius putarannya semakin keluar semakinn besar jaraknya. untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.

Cara menggunakannya cukup mudah. simak penjelasannya dibawah ini.

Pertama, klik Spiral Tool dalam Polygon tool dengan Pick tool atau tekan Shortcut D pada keyboard.

Kedua, atur terlebih dahulu  jumlah putaran, radius, dan juga ketebalan outline sesuai dengan yang diinginkan. Ketiga, klik dan drag pada lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Tool-Tool Lain dalam Polygon Tool

Dalam Polygon tool kita juga diberikan kemudahan untuk membuat objek-objek lain dengan berbagai bentuk lainnya. Ada banyak elemen yang bisa kita pakai untuk memudahkan kita dalam mendesain sesuatu.

1. Basic Shape

Basic Shape adalah tool yang berisi elemen- elemen basic yang bisa kita manfaatkan dalam membuat objek agar lebih mudah. Terdapat beberapa elemen dalam Basic Shape seperti gambar dibawah ini.

Basic Shape Tool CorelDRAW
Basic Shape Tool CorelDRAW

2. Arrow Shape

Arrow Shape adalah tool yang digunakan untuk membuat objek berbentuk tanda panah. Dalam Arrow tool terdapat beberapa jenis panah yang bisa kita manfaatkan. Kita bisa melihat contohnya dibawah ini.

Arrow Shape Tool CorelDRAW
Arrow Shape Tool CorelDRAW

3. Flowchart Shape

Flowchart Shape tool yang digunakan untuk membuat objek dengan berbagai bentuk elemen penggambaran grafik. Kita bisa memanfaatkan elemen dalam Flowchart Shape ini dalam pembuatan bagan tertentu. Elemennya bisa kita lihat dibawah ini.

Flowchart Shape Tool CorelDRAW
Flowchart Shape Tool CorelDRAW

4. Banner Shape

Banner Shape adalah tool digunakan untuk membuat objek dengan bentuk elemen yang menarik. Sesuai dengan namanya, Shape ini biasanya digunakan untuk menambahkan elemen-elemen pada banner. Bentuk elemen bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.

Banner Shape Tool CorelDRAW
Banner Shape Tool CorelDRAW

5. Callout Shape

Callout Shape adalah tool yang digunakan untuk membuat objek dengan bentuk elemen ynag menyerupai pop up chat. Elemen-elemen Callout Shape bisa kita lihat contohnya dibawah ini.

Callout Shape Tool CorelDRAW

Polygon tool merupakan salah satu dari sekian tool didalam CorelDRAW yang dapat digunakan untuk membuat objek dengan bentuk tertentu yang memberikan kemudahan kepada kita untuk memilih elemen-elemen tertentu dalam mempercantik desain kita.

Step 10

Mengenal Fungsi Text Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Itu tadi penjelasan secara lengkap tentang Polygon Tool dan  menu-menu didalamnya. Semoga memberikan pemahaman, pengetahuan serta kebermanfaatan bagi kita semua. Jangan Pernah Takut Berkarya.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar