Table of Content

Mengenal Fungsi Shape Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang Shape Tool Coreldraw dan cara menggunakannya agar kita bisa belajar Coreldraw dengan mudah. Tutorial ini sebagai lanjutan dari tutorial sebelumnya tentang coreldraw yang membahas tentang fungsi pick tool. Sehingga penting untuk membaca blog kami sebelumnya. Dan kami akan update setiap hari tentang tutorial seputar Coreldraw lengkap Bagi Pemula. Simak dan pelajari tutorial dibawah ini.

Fungsi Shape Tool CorelDRAW
Fungsi Shape Tool CorelDRAW


Shape tool adalah tool yang digunakan untuk mengubah wujud dari objek. Bagian objek yang bisa dirubah oleh shape tool adalah bagian titik garis dari objek. Objek bisa dibengkokkan ataupun diluruskan.


Baca Juga : 6 Fungsi Pick Tool pada CorelDRAW yang Wajib Kita Ketahui

Fungsi Shape Tool pada Coreldraw 2017

1. Merubah bentuk siku yang tajam menjadi melengkung atau sebaliknya dengan cara klik objek yang ingin dirubah, kemudian klik dan tahan kotak-kotak pada bagian pojok objek, lalu tarik sesuai bentuk yang ingin dirubah.

Fungsi Shape Tool - 01
Fungsi Shape Tool - 01

Ketika kita ingin mengubah satu sisi saja pada bagian objek, maka cukup dengan menahan tombol ctrl, kemudian klik dan tahan sisi yang ingin dirubah.

Fungsi Shape Tool - 02
Fungsi Shape Tool - 02

2. Mengubah bentuk objek secara bebas dengan cara klik terlebih dahulu objek yang ingin dirubah bentuknya, kemudian klik tombol Convert to curves pada property bar bagian kanan, lalu klik sisi yang ingin dirubah bentuknya.

Fungsi Shape Tool - 03
Fungsi Shape Tool - 03

Tool-tool lain dalam Shape Tool 2017

Dalam Toolbox Shape tool terdapat beberapa tool lain yang perlu kita ketahui. Terdapat 7 tool yang bisa kita pakai untuk merubah bentuk objek.

1.  Smooth Tool

Smooth Tool adalah tool yang digunakan untuk memperhalus atau melengkungkan objek dan menghilangkan tepi-tepi objek yang bergerigi. Toolini berguna untuk menghaluskan bentuk objek agar memberi efek tampilan organik seakan-akan digambar dengan tangan.

Cara menggunakan Smooth tool cukup mudah, klik objek dengan Pick tool, kemudian klik Smooth tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa mengontrol efek Smooth tool dengan mengubah ukuran kuas yang ada di property bar. Contoh hasil Smooth tool bisa kita lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengunakan Smooth Tool
Cara Mengunakan Smooth Tool

2. Smear Tool

Smear Tool adalah tool yang digunakan untuk memberikan efek corengan pada objek tertentu untuk menghaluskan atau memberikan sudut tajam pada objek.

Untuk menggunakan Smear tool caranya dengan klik objek dengan Pick tool, kemudian klik Smear tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa bisa mengatur ukuran ujung kuas sesuai dengan efek yang diinginkan dengan cara mengubah ukuran yang ada di property bar. Contoh hasil Smear tool bisa kita lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengunakan Smear Tool
Cara Mengunakan Smear Tool

3. Twirl Tool

Twirl Tool adalah tool yang digunakan untuk memberikan efek berputar pada objek tertentu. Untuk menggunakan Twirl tool caranya dengan klik objek dengan Pick tool, kemudian klik Twirl tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa bisa mengatur radius, kecepatan, arah efek putaran, dan juga intensitas efek putaran sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mengubah ukuran yang ada di property bar. Contoh hasil Twirl tool bisa kita lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengunakan Twirl Tool
Cara Mengunakan Twirl Tool

4. Attract Tool

Attract Tool adalah tool yang digunakan untuk membentuk objek dengan menarik node untuk memberikan efek simpul pada objek tertentu.

Untuk menggunakan Attract tool caranya dengan klik objek dengan Pick tool, kemudian klik Attract tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa bisa mengontrol efek pembentukan dan mengatur ukuran ujung tuas sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mengubah ukuran yang ada di property bar.

5. Repel Tool

Repel Tool adalah tool yang digunakan untuk membentuk objek dengan mendorong node untuk memberikan efek simpul pada objek tertentu. Rapel tool sebetulnya adalah kebalikan dari fungsi Attract tool.

Untuk menggunakan Repel tool caranya dengan klik objek dengan Pick tool, kemudian klik Repel tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Contoh hasil tool bisa kita lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengunakan Attrack dan Repel Tool
Cara Mengunakan Attrack dan Repel Tool

6. Smudge Tool

Smudge Tool adalah tool yang digunakan untuk memberikan efek corengan pada objek tertentu. Smudge tool sebetulnya tool yang cocok untuk digunakan dengan pen stylus, tapi kita bisa saja menggunakannya dengan memakai mouse. Salah satu manfaat tool ini ketika kita ingin membuat lukisan rerumputan seperti dibawah ini.

Cara Mengunakan Smudge Tool
Cara Mengunakan Smudge Tool

7. Roughening Tool

Roughening Tool adalah tool yang digunakan untuk memberikan efek kekasaran pada objek sehingga terlihat seperti bergelombang dan bergerigi/berduri. Kita bisa menggunakan tool ini ke objek berbentuk garis, kurva, ataupun teks.

Untuk menggunakan Roughening tool caranya dengan klik objek dengan Roughening tool, kemudian klik Roughening tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa bisa mengontrol ukuran, sudut, arah dan jumlah gerigi sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mengubah ukuran yang ada di property bar. Contoh hasil Roughening tool bisa kita lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengunakan Roughening Tool
Cara Mengunakan Roughening Tool

Demikian Fungsi Shape Tool Coreldraw dan cara menggunakannya. Semoga dapat memberikan wawasan kepada para pembaca, terutama bagi para pemula dibidang desain grafis.

Step 4

Mengenal Fungsi Crop Tool CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar